Hai, ada yang bisa kami bantu?

[Keamanan Akun] Apa itu verifikasi 2 (dua) langkah?

Metode verifikasi 2 (dua) langkah merupakan keamanan tambahan yang berfungsi melindungi akun Shopee dari penipuan atau tindakan lain yang tidak sah. Pada beberapa halaman Shopee (Contoh: Log in), Anda akan diminta untuk memverifikasi identitas dengan salah satu dari metode verifikasi 2 (dua) langkah yang tersedia, yaitu: 

  1. Biometrik (Sidik Jari dan Verifikasi Wajah)
  2. Scan Kode QR
  3. Link autentikasi melalui Email/SMS/WhatsApp
  4. Meminta One-Time Password (OTP)
  5. Password akun Shopee
  6. PIN ShopeePay untuk verifikasi akun

  1. Biometrik (Sidik Jari dan Verifikasi Wajah)

Login dan verifikasi menggunakan Biometrik adalah login menggunakan data biologis pemilik akun seperti sidik jari dan analisa wajah.


Untuk Pengguna Android, Anda dapat mengaktifkan biometrik berupa Sidik Jari pada halaman Saya > pilih ikon Pengaturan (⚙️) > pilih Akun & Keamanan > pilih Verifikasi Sidik Jari.

Untuk Pengguna IOS, Anda dapat mengaktifkan biometrik berupa Sidik Jari pada halaman Saya > pilih ikon Pengaturan (⚙️) > pilih Akun & Keamanan > pilih Verifikasi Face ID.

Agar verifikasi 2 (dua) langkah menggunakan verifikasi wajah berhasil, mohon perhatikan hal berikut:

  1. Anda berada di tempat yang cukup terang (tidak terlalu gelap atau terang)
  2. Anda tidak bergerak agar kamera dapat fokus pada wajah Anda dengan baik (hindari blur)
  3. Anda tidak menggunakan aksesoris apa pun yang menghalangi wajah (masker, kacamata hitam)
  4. Pastikan Anda mengikuti petunjuk yang diberikan selama proses verifikasi (misalnya mengedipkan mata, memutar kepala, mengangguk, membuka mulut)

⚠️Catatan

  1. Jika Anda belum pernah login maka halaman login yang muncul adalah halaman login yang ditampilkan saat ini.
  2. Setelah berhasil login, apabila Anda belum mengaktifkan biometrik maka akan ada pilihan untuk mengaktifkan biometrik atau Atur Nanti.
  3. Untuk Pengguna Android dapat menggunakan Login Biometrik berupa Sidik Jari
  4. Untuk Pengguna IOS dapat menggunakan Login Biometrik berupa Sidik Jari atau Face ID (tergantung perangkat yang digunakan/compatible).

  1. Kode QR

Untuk verifikasi menggunakan kode QR, pilih tombol Scan QR/Barcode di halaman utama aplikasi Shopee yang berada di sebelah kiri Saldo ShopeePay atau pada halaman ShopeePay. Kode QR dapat digunakan dalam rentang waktu 10 menit setelah dibuat, Anda dapat memuat ulang untuk membuat yang baru jika diperlukan.

  1. Link verifikasi 2 (dua) langkah

Untuk verifikasi melalui Link Autentikasi, pilih Link Autentikasi yang dikirimkan melalui email/SMS/WhatsApp ke alamat email atau no. telepon Anda yang sudah terdaftar. Kemudian, Anda akan diarahkan ke halaman tempat verifikasi (menyetujui/menolak upaya Log in dari perangkat baru). Anda dapat mengirim ulang Link Autentikasi lain setelah 60 detik jika Anda tidak menerima Link Autentikasi yang sebelumnya.

  1. One-Time Password (OTP)

Untuk verifikasi dengan OTP, masukkan 6 digit Kode Verifikasi yang dikirimkan melalui email/SMS/WhatsApp ke alamat email atau no. telepon terdaftar Anda. Anda dapat mengirim ulang kode baru setelah 60 detik jika Anda tidak menerima kode OTP yang sebelumnya. Jangan pernah membagikan OTP Anda kepada siapa pun, bahkan kepada tim Shopee.


  1. Password

Password akun Anda juga dapat digunakan sebagai verifikasi. Perhatikan bahwa ada batasan jumlah verifikasi kata sandi yang dapat Anda lakukan setiap hari.


  1. PIN ShopeePay

PIN ShopeePay juga dapat digunakan sebagai salah satu metode verifikasi. ShopeePay Anda mungkin dinonaktifkan sementara selama 30 menit jika Anda terlalu sering memasukkan PIN yang salah. Jika Anda terus memasukkan PIN ShopeePay yang salah setelah ini, ShopeePay Anda mungkin bisa dibekukan. Anda dapat menghubungi Customer Service Shopee untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

⚠️Catatan

Jika Anda tidak dapat melanjutkan karena kesalahan sistem atau mencapai jumlah maks. percobaan untuk metode verifikasi 2 (dua) langkah, Anda dapat melakukan hal berikut:

  1. Untuk menjaga keamanan Anda, Shopee akan memberikan verifikasi tambahan pada beberapa aktivitas seperti Log in, mengganti no. telepon, mengganti email dan sebagainya.
  2. Coba kembali setelah 15 menit.
  3. Hubungi Customer Service Shopee untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.


Pelajari lebih lanjut tips belanja XtraAman di Shopee.

Apakah artikel ini berguna?
Ya
Tidak